Kamis, 15 September 2011

Facebook ataupun Twitter bukan Media Pribadi

Kegiatan 'update status' di facebook atau ngetwit di twitter sudah jadi hal biasa saat ini. Penggunaan keduanya sebagai penyedia layanan social network telah banyak mengundang minat dari ratusan juta penduduk dunia terutama Indonesia.

Maraknya penggunaan Facebook dan Twitter oleh sebagian banyak orang dimanfaatkan untuk saling berinteraksi, saling mengenal, atau silaturahim dengan teman dan kerabat lama yang mungkin sudah lama tidak bertemu. Namun tidak sedikit juga orang-orang yang memanfaatkan facebook untuk 'pamer' kemesraan hubungan pribadi suami/istri, upload foto-foto narsis, atau hal-hal pribadi lainnya yang sebenarnya jika hal ini dishare ke teman-teman lainnya bikin muak membaca atau melihatnya.

Sejatinya facebook dan twitter adalah media sosial yang lebih berguna jika dimanfaatkan untuk hubungan sosial yang lebih luas seperti menjalin pertemanan dengan sahabat lama, sahabat baru, guru dan murid, atasan dan bawahan, membangun komunitas online, atau bahkan untuk promosi dan jualan. Jika facebook digunakan untuk menulis wall yang berisi kemesraan suami dan istri, percakapan gak penting dua orang yang sebenarnya sedang duduk bersebelahan, hingga saling ejek dan sindir dalam hubungan pribadi, hal ini bisa mengganggu para teman-teman yang tergabung dalam friend list kita.

Memang tidak dilarang untuk menulis apa saja, mengupdate status sesuka kita (walau gak penting) di facebook dan twitter. Namun, untuk apa saling membalas mention di Twitter atau wall di Facebook ketika sedang berdekatan dalam suatu tempat atau di dalam rumah. Tentu kegiatan tersebut tidak wajar. Jika ada sesuatu yang perlu dibicarakan, sebaiknya bicara langsung secara live atau melalui telepon. Karena jika terlalu sering melakukan hal tersebut di Facebook atau Twitter, Anda dan pasangan akan dianggap sebagai pasangan yang aneh dan tentunya banyak orang yang tidak ingin tahu kegiatan pribadi Anda dan pasangan.

Perlu diingat Facebook ataupun Twitter bukanlah media pribadi, di sana semua orang bisa membacanya dan bisa risih dengan semua aktivitas Anda bersama pasangan jika terlalu berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar