Selasa, 11 Oktober 2011

Youtube Space Lab

Youtube, layanan video sharing yang dimiliki oleh Google, perusahaan komputer Lenovo, dan lembaga yang berasal dari Jepang, Eropa serta Amerika meluncurkan sebuah layanan dalam bidang sains yaitu Youtube Space Lab. Layanan ini dimaksudkan untuk membangkitkan minat dan gairan para pelajar dalam bidang ilmu pengetahuan alam. Sangat sesuai dengan filosofi Google yang telah dibangun dan dirintis oleh ilmuwan.



Youtube Space Lab mengajak dan menantang setiap pelajar dari berbagai belahan dunia untuk merancang ide penelitian yang dilakukan di International Space Station atau Stasiun Luar Angkasa Internasional. Tantangan ini guna menarik minat pelajar untuk belajar sains melalui Youtube Space Lab. Untuk bisa mengikuti tantangan ini, syaratnya adalah pelajar dari berbagai negara di dunia yang berusia antara 14-18 tahun.

Dari tantangan dan kompetisi ini, akan dipilih 2 eksperimen terbaik yang nantinya akan dimasukkan ke dalam roket milik Jepang, dikontrol melalui komputer Lenovo, disiarkan secara langsung oleh Youtube dengan bantuan NASA, dikirim ke ISS.

Kompetisi ini bukan main-main. Jurinya saja terdiri dari orang-orang ternama dalam bidang astronomi dan kosmologi. Salah satu jurinya adalah Stephen Hawking, fisikawan dan kosmolog yang mengguncang dunia lewat buku-bukunya.

Kesempatan untuk mengirim ide terbuka hingga bulan Desember. Pemenang akan diumumkan pada bulan Maret. Dua pelajar terpilih juga akan mendapat hadiah berkunjung ke salah satu tempat peluncuran roket atau fasilitas training kosmosnot di Rusia.

Selain dua pemenang utama, akan ada juga enam pemenang dari tiap wilayah yang akan diberi kesempatan mencoba merasakan keadaan di gravitasi nol seperti ISS lewat simulasi. Berminat? Untuk informasi lebih lanjut, bisa dibuka di Youtube Space Lab: http://www.youtube.com/user/spacelab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar