Rabu, 02 Oktober 2013

Investasi apa untuk jangka waktu satu tahun?

Saya ingin berinvestasi dengan menyisihkan uang setiap bulan dan bisa ditarik setelah satu tahun. Jenis investasi apa yang cocok? Sebelum menjawabnya, harus kita pisahkan dahulu pengertian antara menabung dan berinvestasi.  Menabung adalah menyisihkan uang/aset Anda untuk masa depan, sedang investasi adalah menumbuhkan uang/aset tersebut.

Pertanyaannya, dimanakah tempat berinvestasi yang dalam jangka waktu satu tahun bisa bertumbuh dan bisa Anda tarik dananya? Hal paling mendasar yang perlu Anda jawab adalah untuk apa Anda berinvestasi dalam jangka waktu satu tahun, setelah itu dananya Anda tarik serta apa yang mesti Anda lakukan dengan dana tersebut.

Sebelum berinvestasi, sudahkah Anda memiliki dana darurat, dana proteksi income dan dana kesehatan? Investasi pada dasarnya adalah ketika kita sudah punya dasar-dasar keuangan yang kokoh, dimana dengan berinvestasi yang tentunya memiliki resiko, tidak mengganggu cash flow Anda dan keluarga.  Berinvestasi artinya bertumbuh, disini melebihi uang yang Anda setorkan tiap bulan dan secara value (nilai), melebihi angka inflasi.

Jika untuk menabung, ada sebagian pendapat mengatakan menabung dalam bentuk deposito adalah investasi, tentulah bukan tempat yang bijak untuk menumbuhkan uang Anda.  Kalau aman, mungkin iya.  Karena menabung dalam bentuk deposito, bisa diambil dalam jangka tertentu dan bisa juga dalam jangka waktu satu tahun.

Bagaimana dengan reksadana atau produk-produk pasar finansial lainnya? Jika pertanyaannya apakah bisa ditarik setelah satu tahun, tentu bisa hanya pertumbuhannya standar-standar saja.

Bagaimana dengan emas? Dalam jangka waktu satu tahun, emas bisa diambil atau dicairkan, tetapi emas dalam jangka waktu satu tahun hanya sebatas hedging (lindung nilai) saja. Jadi, kesimpulannya semua produk-produk keuangan, baik aktiva riil maupun aktiva finansial, bisa ditarik setelah satu tahun. Mengenai pertumbuhannya tidak terlalu signifikan, kecuali ada hal khusus.

Misal ketika harga emas dunia jatuh pada level terendah, Anda beli dan berapa bulan kemudian, harga emas melonjak tajam, Anda akan dapat keuntungan signifikan. Selain tahu membedakan antara menabung dan investasi, juga harus bisa membedakan antara investasi dan spekulasi. Dimana yang paling baik dengan dengan dana Rp 6-7 juta, maka investasi terbaik adalah sektor riil, dengan catatan Anda paham risikonya.

Untuk belajar di sektor riil ini, carilah mentor atau pembimbing yang sudah berhasil usahanya dan mau berbagi dan membimbing Anda, sesuai dengan talenta dan keminatan Anda.

Selamat berinvestasi! (WF 19)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar